RSS

Bawang merah


Masakan Indonesia...rata-rata selalu menggunakan bawang merah sebagai bumbu utamanya.
Makanya...rasa masakan Indonesia khas banget. Beda dengan makanan Jepang atau Korea yang sangat mengandalkan bawang putih.

Nasi anget ditaburi sama irisan bawang merah goreng aja...enaaaaaak banget.

Nah...reading lovers
Kali ini...aku enggak mau sharring tentang makanan yang ada bumbu bawangnya.
Tapi...kegunaan lain dari bawang merah.
Okay...check this out!
1.  Obat
Di Kalimantan (based on my own experience) warganya punya resep jitu untuk mengobati batuk yang melanda. Bawang merah yang diiris tipis-tipis dicampur dengan perasan air jeruk nipis. LAlu diremas-remas sampai halus dan lembut. Takarannya, kira-kira seukuran sendok teh jadinya. Setelah itu, sang pasien disuruh menelannya sekaligus (tanpa sendoknya lo yaa...). Dalam 2-3 hari, ramuan ini diminum sehari 3 kali, InsyaAlloh batuk segera menghilang. Biasanya...kalau sakit batuk, sembuhnyakan relatif lamaaaa. Ini enggak.

2. Mengeluarkan keringat
Kalau kita sakit panas (yang mungkin karena masuk angin) biasanyanya kan dikerikin. Naah...selain menggunakan minyak kayu putih, ngerikinnya pakai bawang merah, jangan pakai koin uang. Efeknya luar biasa. keringat bisa keluar dengan cepat, dan  menurunkan panas yang melanda. Tapi untuk adik-adik bayi, bawang merah cukup diparut, kemudian dioleskan pada punggung,  dada dan perut adik bayi. Baunya...gak enak sih... tapi cukup membantu pemulihan stamina.

3. Memudahkan mengelupaskan kulit telur
Kalau mengupas kulit telur, kadang susah kan tuh... apalagi kalau ngrebus telurnya banyak banget...
Ada resep jitu nih... kulit bawang merah kan biasanya dibuang karena enggak dipakai, naaah...gunakan kulit bawang merah ini untuk direbus bersamaan dengan telur. Walhasil, ketika dikupas, kulit telur akan udah mengelupas.

Okay reading lover...
That's it...
You can try it at home

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Cipta Pradipta. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy