RSS

CUCI TANGAN


Kalau bermain air, reading lovers suka ndak?
Pasti suka….!
Kita memang tidak bisa terlepas dari air. Untuk minum, cuci, mandi, menyiram bunga. Bahkan 80% dari tubuh kita berupa cairan!

Mandi dan cuci tangan adalah kegiatan rutin kita setiap hari.
Keduanya berfungsi dan berdampak sekali bagi kesehatan dan kebersihan badan kita.
Nah….berkaitan dengan hal ini, aye mau sharring….
Aku pernah cuci tangan di tempat umum. Biasanya, karena mau makan. Hampir setiap rumah makan, selalu menyediakan tempat untuk cuci tangan. Dilengkapi dengan sabun cair. Ada juga pengeringnya. Kalau tidak ada pengering, biasanya disediakan handuk kecil ataupun tisu.
Kalau seperti di A & W, McD, KFC, CFC ataupun Hoka Hoka Bento, pasti fasilitas cuci tangannya lengkap. Kadangkala, para adik kecil malah suka main air sekalian.
Pernah mengamati perilaku cuci tangan para pengunjungnya tidak?
Ini dia yang mau aku bahas. Kalau reading lovers pas cuci tangan di wastafel, coba deh amati beberapa kebiasaan para pengunjungnya.
Menurut pengamatanku… (ehem…) dari 10 orang yang cuci tangan di wastafel, 9 diantaranya selalu membiarkan kran air mengalir deras sementara mereka sedang mengambil sabun cair dan membersihkannya, sebelum dibilas.
Ini dia yang sangat disayangkan. Sederhana sebenarnya. Sambil terus mencuci tangan, air dibiarkan mengalir, padahal belum kita gunakan. Bisa dihitung ndak berapa jumlah air yang telah terbuang dengan percuma.
Kalau mauku sih…. Basahi dulu tangan dengan air. Setelah itu tutup lagi krannya. Nah….ambil sabun cair, lalu mulailah membersihkan tangan dengan sebersih-bersihnya.
Jika waktunya membilas, baru buka kran lagi dan gunakan air secukupnya. Tak perlu membuka kran sampai air yang mengucur keluar deras. Jika sudah terasa tidak licin lagi di tangan, tutup lagi krannya.
Mari kita bayangankan! (sik…..sik…..sik…sebentar tak membayangkan…. Halah!)
Jika semua orang berperilaku hemat air seperti itu, pasti dampaknya luar biasa bagi tercukupinya ketersediaan air.
Dan...air tidak mubazir terbuang percuma. Benar-benar kita manfaatkan sebaik-baiknya.
Ingat yaaa reading lovers
Biasakan hemat air, terutama ketika mencuci tangan. Nah… kebiasaan baik ini, bisa kita lakukan pada kegiatan-kegiatan baik lainnya.
Selamat berhemat, karena kalian….anak yang hebat!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Cipta Pradipta. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy