RSS

my fun celup ikat


Sore itu, aku baru pulang sekolah. Di rumah, umi tiba-tiba mengingatkan aku tentang tugas kertakes. Yakni membuat batik celup ikat. Aku  hanya bilang iya sambil ngomel-ngomel dalam hati, yang pasti omelanku rahasia.
            Ya udah, aku sama umi coba bikin batiknya, tapi pakai kain yang lain. Akhirnya aku sama umi mencoba ber-experimen dengan kain yang kebetulan enggak kepake. Pertama aku memasukkan sebuah kelereng, kemudian mengikatnya dengan kuat, memakai tali raffia agar airnya tidak menembus.
            Sesudah diikat, umi merebus air, kemudian wenter-nya dimasukkan setengahnya, karena yang setengahnya mau aku pakai buat bikin yang hendak aku nilaikan.  Ketika airnya sudah mendidih, aku memasukkan kedua kain yang sudah diikat dengan tali dan ada kelerengnya.
            Aku pun masukkan kain tersebut, sambil menunggu airnya meresap, aku mengaduk-aduk dengan sothel kayu. Setelah meresap dan waktunya cukup, aku angkat dan aku bilas, sesudah kubilas, aku menjemurnya.
            Eh… Reading Lovers, sekarang pun, sambil nunggu kering, aku menulis postingan ini.
            Hoahm…. Eh udah menguap, berarti aku dah ngantuk dong.. :D…
            Okay good night Reading Lovers… Have a Nice Dream…
not bad...for my first experiment :)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Cipta Pradipta. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy